Senin, 22 Februari 2010

tugas 1 implementasi sistem informasi

1.Kebutuhan Sistem Informasi :

Kebutuhan sistem informasi dapat diartikan sebagai kemampuan, syarat atau kriteria yang harus ada atau dipenuhi oleh sistem informasi, sehingga apa yang diinginkan pemakai dari sistem informasi dapat diwujudkan. olehkarena itu membutuhkan proses untuk menghasilkan spesifikasi kebutuhan. Spesifikasi kebutuhan adalah spesifikasi yang rinci tentang pengolahan data yaitu jumlah data yang harus diproses, waktu pengolahan saat data siap diproses sampai informasi yang dihasilkan. Spesifikasi ini digunakan untuk membuat kesepakatan dalam pengembangan sistem. http://blog.re.or.id

2. Prinsip Pengembangan Sistem Informasi :


A. Mendukung kebutuhan informasi manajemen : Setelah sistem selesai dikembangkan, maka yang akan menggunakan informasi dari sistem ini adalah manajemen, sehingga sistem harus dapat mendukung, kebutuhan yang diperlukan oleh manajemen.

B. Memerlukan investasi modal yang besar : Dalam pembuatan Sistem ini diperluka modal yang sangat besar karena setiap perusahaan yang menginvestasikan modalnya harus mempertimbangkan hal - hal seperti :
1.
Semua alternatif yang ada harus diinvestigasi
2. Investasi yang terbaik harus bernilai.

C. Membutuhkan staff yang terlatih atau terdidik : Manusia merupakan faktor utama yang menentukan berhasil tidaknya suatu sistem, baik dalam proses pengembangannya, penerapannya, maupun dalam proses operasinya. Oleh karena itu orang yang terlibat dalam pengembangan maupun penggunaan sistem ini harus merupakan orang yang terdidik tentang permasalahan yang ada dan terhadap solusi yang mungkin dilakukan. Terdidik disini bukan berarti harus secara formal duduk di perguruan tinggi, tetapi dapat dilakukan secara latihan kerja (on the job training).

D. Membutuhkan perencanaan, koordinasi dan tahapan kerja :
Proses pengembangan sistem umumnya melibatkan beberapa tahapan kerja yang akan melibatkan beberapa personil dalam membentuk suatu team untuk dapat mengerjakannya. "http://ipoen.blogspot.com"

3. Tahapan Pengembangan Sistem Informasi :
a. Perencanaan system : Dibentuk suatu struktur kerja strategis yang luas dan pandangan system. informasi baru yang jelas yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan pemakai informasi. Dalam fase perencanaan system diperlukan faktor-faktor kelayakan (feasibility factors)

faktor-faktor strategis (strategic factors)

b. Analisis system : Dilakukan proses penilaian, identifikasi dan evaluasi komponen dan hubungan timbal-balik yang terkait dalam pengembangan system

c. Perancangan sistem secara umum / konseptual : analis sistem mulai merancang proses dengan mengidentifikasikan laporan-laporan dan output yang akan dihasilkan oleh sistem yang diusulkan. Data masing-masing laporan ditentukan.

d. Evaluasi dan seleksi system : menyediakan point utama untuk keputusan investasi.

e. Perancangan sistem secara detail : menyediakan spesifikasi untuk perancangan secara konseptual. Pada fase ini semua komponen dirancang dan dijelaskan secara detail.

f. Pengembangan Perangkat Lunak dan Implementasi system : sistem siap untuk dibuat dan diinstalasi sehingga Sejumlah tugas harus dikoordinasi dan dilaksanakan untuk implementasi suatu sistem baru.

g. Pemeliharaan / Perawatan Sistem. http://www.google.co.id

0 Comments:

Post a Comment



Template by:
Free Blog Templates